Minggu, 26 Oktober 2008

CUACA EKSTREM BAKAL DIALAMI KLOTER HAJI PERTAMA


Para calon haji (calhaj) diminta benar-benar menyiapkankesehatan diri guna mengantisipasi cuaca ekstrim yang dilaporkan mulai terjadi di Arab Saudi, khususnya bagi mereka yang berangkat pada gelombang pertama awal November nanti.
Kelompok terbang (kloter) gelombang pertama calhaj Indonesiadijadwalkan berangkat pada 5 Nopember 2008, dan dilaporkan di Madinah --saat calhaj Indonesia gelombang pertama tiba pada 6Nopember -diprakirakan suhu tertinggi mencapai 33 derajat Celciusdan terendah dapat mencapai 13 derajat Celcius.
Dengan kondisi cuaca seperti itu, maka aspek kesehatan menjadi faktor yang benar-benar harus dipersiapkan dengan serius oleh calhaj . Jika perlu, konsultasikan lagi kepada dokter,khususnya bagi yang rentan terhadap perubahan cuaca ekstrim.
Selain konsultasi medis, juga dianggap perlu untuk mempersiapkan segala sesuatunya termasuk membawa pakaian tebal guna mengantisipasi cuaca dingin, sehingga semua kegiatan pada rangkaian ibadah haji bisa dilaksanakan dengan baik.
Disarankannya agar untuk bagi calhaj sejak tanggal 5 November tidak melakukan kegiatan beratyang menyita energi, sehingga persiapan fisik --khususnyamengantisipasi cuaca ekstrim--bisa membantu agar kesehatan paraCalhaj dalam kondisi yang baik.
Bagi calhaj minta untuk mengikuti peraturan ditetapkan Departemen Agama (Depag),diantaranya mengenai berat maksimal barang bawaan pada musim haji tahun 2008 ini maksimal 32 kilogram per orang dengan jenis bawaan yang benar-benar dibutuhkan untuk kepentingan iabadah haji.

Tidak ada komentar: